RUBRIK PENILAIAN KARYA ILMIAH

 

Komponen

Rentangan Penilaian

Kualitas

Deskripsi

Pengem-bangan Topik (Gagasan/

Isi)

30

27 – 30

Sangat Baik

Pengembangan topik sangat padat, lengkap, jelas, dan runtut

26 – 22

Baik

Pengembangan topik lengkap, jelas, dan runtut

21 – 17

Cukup

Pengembangan topik kurang lengkap, tetapi runtut

16- 13

Kurang

Pengembangan topik terbatas, tidak jelas, dan tidak runtut

12 – 9 

Sangat Kurang

Pengembangan topik sangat terbatas dan tidak relevan, atau tidak tersedia bahan untuk menilai


 

Organisasi

20

 

18 – 20

Sangat Baik

Organisasi sangat tepat, jelas, dan logis, hubungan antarbagian sangat erat (kohesif)

17 – 15

Baik

Organisasi  jelas dan logis; hubungan antarbahan cukup erat

14 – 12

Cukup

Organisasi  jelas tetapi tidak logis; hubungan antarbagian kurang erat

11 – 9

Kurang

Organisasi  tidak jelas dan tidak logis, tidak ada hubungan antar bahan

8 – 6

Sangat Kurang

Tidak ada organisasi  atau tidak tersedia bahan untuk menilai


 

Paragraf

20

20 – 18

Sangat Baik

Ide-ide yang terdapat dalam paragraf membentuk satu kesatuan, ditata secara sistematis dan lengkap. Penggunaan penanda hubung antaride dan antarkalimat sangat tepat

17 – 15

Baik

Ide-ide yang terdapat dalam paragraf membentuk satu kesatuan, tetapi penataannya kurang sistematis dan kurang lengkap. Penggunaan penanda hubung antaride dan antarkalimat kurang tepat

14 – 12

Cukup

Ide penjelas tidak mendukung ide pokok, penataan antaride kurang sistematis dan  tidak lengkap,  hubungan antarkalimat  kurang jelas

11 – 9

Kurang

Terdapat lebih dari satu ide pokok, pengembangan ide pokok tidak lengkap. Kalimat yang satu tidak berhubungan dengan kalimat lain

8 – 6

Sangat Kurang

Paragraf tidak dapat dipahami karena tidak memiliki kesatuan, tidak ada hubungan antaride, dan tidak ada hubungan antarkalimat, atau tidak cukup bahan untuk menilai


 

Kalimat dan Kata

20

20 – 18

Sangat Baik

Kalimat yang digunakan sangat bervariasi (kompleks), efektif, dan terbebas dari kesalahan tatabahasa (urutan kalimat, bentuk frasa dan kata, serta kata tugas)

17 – 15

Baik

Kalimat yang digunakan  cukup bervariasi, kalimat sederhana digunakan  secara efektif, beberapa kalimat kompleks kurang efektif; terdapat beberapa kesalahan tatabahasa (urutan kalimat, bentuk frasa dan kata, serta kata tugas)

14 – 12

Cukup

Kalimat yang digunakan kurang bervariasi, kurang efektif, terdapat beberapa kesalahan tatabahasa (urutan kalimat, bentuk frasa dan kata, serta kata tugas)

11 – 9

Kurang

Kalimat yang digunakan sangat sederhana dan monoton, banyak terjadi kesalahan tatabahasa yang mengakibatkan kekaburan makna.

8 – 6

Sangat Kurang

Hampir tidak menguasai kaidah kalimat, penuh dengan kesalahan yang mengakibatkan makalah tidak dapat dipahami atau tidak cukup bahan untuk menilai


 

Ejaan dan Tanda Baca

10

10 – 9

Sangat Baik

Terbebas dari kesalahan ejaan dan tanda baca

8 – 7

Baik

Kadang-kadang terjadi kesalahan ejaan dan tanda baca tetapi tidak mengganggu pemahaman makna

6 – 5

Cukup

Banyak terjadi kesalahan ejaan dan tanda baca yang mengganggu pemahaman makna

4 – 3

Kurang

Banyak dijumpai kesalahan ejaan dan tanda baca sehingga makalah sulit dibaca dan sulit dipahami

2 – 1

Sangat Kurang

Tidak menguasai kaidah ejaan dan tanda baca atau tidak cukup bahan untuk menilai

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: