PENERAPAN CTL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA1

Perencanaan dan Implementasinya di Sekolah

 

Suyono

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FS UM

 

 

SELAYANG PANDANG PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL

 

  • CTL: filosofi pendidikan dan kontinum strategi pedagogik

    • Filosofi pendidikan: berasumsi bhw pendidik mempunyai peranan penting membantu siswa menemukan makna di dalam pendidikannya dengan mengaitkan apa yang mereka pelajari di kelas dengan bagaimana penerapan pengetahuan itu dunia nyata.

    • Strategi pedagogik, ctl berisi teknik-teknik yang dapat membantu siswa menjadi lebih aktif dan reflektif terhadap pengalaman-pengalamannya

  • Ctl bukan konsep baru.

    • Dewey (1916)à learning by doing

    • 1970-an à experiential learning

    • 1970-an—1980-an à applied learning

    • 1990-an àschool to work

    • 2000-an à contextual teaching and learning (CTL)

  • Enam elemen penting CTL:

    • Meaningful learning

    • Application of knowledge

    • Higher order thinking: critical and creative thinking in collecting data, understanding issue, and solving a problem

    • Standards-related curricula (local, state, national, association, and industry standards).

    • Cultural responsiveness

    • Authentic assessment/multiple assessment strategies

  • Prinsip-prinsip penerapan CTL

    • Merencanakan pembelajaran sesuai dengan kewajaran perkembangan siswa

    • Menyediakan lingkungan yang mendukung pembelajaran mandiri, aktif, dan kreatif

    • Membentuk dan memanfaatkan kelompok belajar secara tepat

    • Memperhatikan keragaman siswa

    • Memperhatikan kecerdasan majemuk siswa

    • Memanfaatkan beragam teknik pembelajaran, terutama bertanya, memecahkan masalah, dan berpikir tingkat tinggi

    • Mengutamakan asesmen otentik

 

PERENCANAAN PEMBELAJARAN BI SECARA KONTEKSTUAL

  • Wujudkan prinsip-prinsip CTL dalam:

    • tujuan pembejaran

    • bahan ajar

    • kegiatan belajar

    • media pembelajaran

    • instrumen asesmen pembelajaran

Perumusan tujuan pembelajaran secara kontekstual

  • Tujuan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa

  • Tujuan pembelajaran sedapat mungkin mengembangkan seluruh kecerdasan siswa

  • Tujuan pembelajaran untuk menyiapkan siswa memasuki kehidupan dan bukan hanya menghadapi ujian

Pengembangan bahan pembelajaran

  • Bahan pembelajaran otentik lebih diutamakan dan berasal dari beragam sumber

  • Bahan pembelajaran yang kaya dan bervariasi

  • Bahan pembelajaran menarik dan sesuai dengan kebutuhan siswa

Pengembangan kegiatan pembelajaran

  • Menerapkan prinsip konstruktivisme, inkuiri, pemodelan, dan prinsip CTL lainnya

  • Memanfaatkan beragam teknik pembelajaran

  • Siswa sebagai subjek

Pemilihan media/sumber belajar

  • Menggunakan media/sumber belajar secara bervariasi

  • Menggunakan media/sumber belajar yang memungkinkan terlaksananya pembelajaran yang bermakna

  • Mengutamakan penggunaan media/sumber belajar yang mendorong siswa mengembangkan potensi berbahasa secara optimal

Pengembangan instrumen asesmen

  • Mengutamakan penggunaan instrumen otentik asesmen

  • Menggunakan beragam instrumen asesmen

  • Sedapat mungkin memanfaatkan konteks alamiah dalam melaksanakan asesmen

 

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BI SECARA KONTEKSTUAL

  • Implementasi pembelajaran BI secara kontekstual mementingkan aktualisasi prinsip-prinsip CTL dalam keseluruhan tahapan pembelajaran (awal, inti, penutup)

  • Kegiatan pembelajaran yang bernuansa CTL mengutamakan pengembangan kemampuan berpikir dan berbahasa secara sinergis

  • Pembelajaran bernuansa CTL menempatkan komunitas belajar sebagai bagian sangat penting untuk mengaktualisasikan kemampuan berpikir dan berbahasa sekaligus

  • Pemanfaatan beragam teknik pembelajaran dilaksanakan secara fungsional dan bermakna

 

PENUTUP

  • Perencanaan pembelajaran BI secara kontekstual merujuk kepada bagaimana prinsip-prinsip kontekstual diwujudkan dalam proses pengembangan dokumen perencanaan pembelajaran BI

  • Implementasi pembelajaran BI secara kontekstual merupakan aktualisasi prinsip-prinsip kontekstual dalam pelaksanaan pembelajaran BI di sekolah

  • Perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran BI secara kontekstual dilakukan secara menyeluruh dan konsisten pada seluruh komponen perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran BI

  • Perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran BI secara kontekstual diabdikan untuk mencapai tujuan akhir pembelajaran BI secara optimal

 

DAFTAR BACAAN

Bern, Robert G. dan Patricia M. Erickson. 2001. CTL: Preparing Student for A New

Economy. (online) (http://www.nccte.org/publication) (diakses 15 Januari 2001)

Nurhadi dan Agus Gerrad Senduk. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya

dalam KBK. Malang: UM Press

Owens, Thomas. 2000. Definition and Key Elements of CTL. (online)

(http://www.nccte.org/publication) (diakses 15 Januari 2001)

 

1 Makalah disajikan dalam Seminar Penerapan CTL untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran di SMPN 1 Gedangan Sidoarjo, 2 Februari 2008

3 Tanggapan to “PENERAPAN CTL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA1”

  1. Adi Purnomo Says:

    Mohon penjelasannya pak mengenai penerapan CTL dilingkungan Mahasiswa.. Terima kasih

  2. Adi Purnomo Says:

    Mohon penjelasannya pak mengenai penerapan CTL dilingkungan Mahasiswa.. Terima kasih,, mohon dikirimkan email saya adii_mo@yahoo.com

  3. Sahaka Says:

    Salam,
    Jujur saja pak saya ini masih awam dg dunia pendidikan meskipun saya ini juga senrang pendidik,konsep CTL misalnya.Saya ini masih blm sepenuhnya paham masih ngambang.. Mohon sarannya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: